Monday, September 5, 2016

Baghdad Gudang Ilmu dan Pusat Intelektual 1





S


eribu dua ratus tahun yang lalu merupakan masa kejayaan Baghdad, kota di Irak sekarang. Terletak di dua aliran sungai, Tigris dan Eufrat. Ketika itu Baghdad berkembang sangat maju sebagai ibukota dari seentero dunia muslim. Selama sekitar 500 tahun kota Baghdad telah menghasilkan banyak sekali  intelektual dan budayawan yang handal.

   Keberhasilan yang telah dicapai ini berkat adanya perhatian dan usaha khalifah (sebagai kepala pemerintahan) kepada dunia pendidikan dan pengajaran agar maju dan berkembang. Yaitu, semasa pemerintahan khalifah (yang paling terkenal) seperti Al-Rashid, Al-Ma’mun, Al-Mu’tadhid dan Al-Muktafi.

   Baghdad sebagai salah satu kota terbesar dan terkaya di dunia, pada saat itu. Baghdad dan sekitarnya memiliki kekayaan yang jauh melampaui bukan saja dibidang financial, tapi juga berkembang maju rumah “The House of Wisdom”- Gudang Ilmu. Yaitu, Akademi Ilmu Pengetahuan yang merangsang dan memotivasi berkembangnya akal pikiran yang lebih luas lagi yang dapat dicapai. Dari mulai matematika (aritmatika, trigonometri, aljabar, algoritma), astronomi sampai ilmu khewan. Akademi tersebut juga merupakan pusat utama dari melakukan penelitian, pemikiran dan perdebatan yang telah menjadi kebiasaan Peradaban Muslim. □





The House of Wisdom: Baghdad’s Intellectual Powerhouse

The heyday of Baghdad was 1,200 years ago when it was the thriving capital of the Muslim world. For about 500 years the city boasted the cream of intellectuals and culture, a reputation gained during the reigns of some of its most famous Caliphs (Al-Rashid, Al-Ma'mun, Al-Mu'tadhid and Al-Muktafi).

As one of the world's biggest and richest cities at the time, Baghdad had wealth that went far beyond money. For more than two centuries, it was home to the House of Wisdom, an academy of knowledge that attracted brains from far and wide. From mathematics and astronomy to zoology, the academy was a major centre of research, thought and debate in Muslim Civilisation. □


Untuk melihat Slideshare-nya Klik  ->  House of Wisdom Slideshare.


Sumber:
http://www.1001inventions.com/house-of-wisdom□□□